Header Ads

Ad Home

Menyingkirkan Kanker pada Stadium Awal




Kanker berbeda dan lebih kuat dari penyakit lain. Meskipun efek dari stroke otak dan serangan jantung bisa lebih parah dan langsung tetapi kanker memiliki serangkaian aspek sendiri. Ini mungkin ada dalam tubuh sejak lama dan terdeteksi hanya pada tahap selanjutnya yang membuatnya sulit untuk mengandung dan mengobatinya.

Tidak ada penyebab pasti dari penyakit ini tetapi ada beberapa faktor risiko dan bahkan jika Anda menahan diri dari itu, tidak ada jaminan bahwa itu tidak akan menyerang Anda. Inilah sebabnya mengapa dianggap sebagai salah satu penyakit paling mematikan.

Jika kita harus mendefinisikannya, itu adalah sekelompok penyakit di mana ada pertumbuhan sel yang tidak normal yang tidak diperlukan dalam tubuh.

Itu terdeteksi dengan mencari tahu di mana ia berada dan sejauh mana itu. Semua ini ditemukan dalam tes diagnostik. Beberapa tes diagnostik umum adalah sebagai berikut -

• Tes Pencitraan


Tes ini mengambil gambar bagian dalam tubuh. Mereka dilakukan untuk mencari tahu sejauh mana dan melihat apakah pengobatan itu berhasil. Berbagai bentuk energi seperti sinar-x, gelombang suara, partikel radioaktif, dll dikirim ke tubuh Anda. Pola energi diubah untuk membuat gambar. Mereka digunakan pada tahap awal dan tes skrining. Gambar yang keluar dari tes ini digunakan untuk melacak perubahan selama perawatan.

• Ultrasonografi


Prosedur ini digunakan untuk memeriksa tumor dalam tubuh yang tidak terdeteksi sinar-X. Tidak perlu persiapan khusus dan merupakan prosedur cepat. Gambar yang dibuat dikenal sebagai sonogram. Gelombang-gelombang ini memantul dari organ-organ dan jaringan-jaringan dan menciptakan gema. Ultrasonografi luar biasa untuk membuat gambar beberapa penyakit jaringan lunak. Rata-rata, selesai dalam 15-20 menit.

• Endoskopi


Ini adalah tes diagnostik invasif minimal yang dilakukan dengan bantuan endoskop. Ini adalah instrumen tipis dan ramping dengan tabung berlubang yang dimasukkan untuk melihat ke dalam tubuh. Mereka memiliki kamera video kecil di atas yang menempatkan gambar di layar komputer. Entah itu dimasukkan ke dalam mulut, anus atau uretra. Mereka digunakan untuk menemukan kanker pada orang tanpa gejala atau untuk menemukan kanker lebih awal.

• Pemindai tulang


Jenis tes ini memindai keberadaan kanker di tulang. Mungkin mulai di tulang atau menyebar dari bagian yang berbeda. Tes tulang juga membantu dalam menentukan seberapa baik pengobatan bekerja untuk kanker. Dalam prosedur ini, sejumlah kecil zat radioaktif digunakan yang disuntikkan ke dalam vena. Daerah yang menyerap pelacak sangat sedikit rentan terhadap penyakit ini.

• Mamografi


Ini adalah tipe khusus yang dilakukan untuk menguji kanker payudara pada wanita. Gambar yang dihasilkan dikenal sebagai mammogram. Tumor yang tidak dapat dirasakan dengan tangan ditunjukkan oleh gambar-gambar ini. Seluruh prosedur memakan waktu sekitar 10 hingga 15 menit. Hal ini dapat dilakukan dengan bantuan mamografi digital atau pencitraan payudara 3-D.

Di bawah ini dijelaskan berbagai pilihan perawatan -

1. Kemoterapi


Ini adalah metode pengobatan di mana obat digunakan untuk menghancurkan sel kanker. Ini menghentikan sel-sel yang terkena untuk tumbuh dan membuat sel-sel baru. Karena kecepatan sel dihancurkan sangat cepat, ada kerusakan pada sel normal di dekatnya juga. Ada berbagai cara untuk menggunakan perawatan ini -

• Ini digunakan sebagai satu-satunya pengobatan pada beberapa penyakit seperti leukemia dan limfoma.

• Digunakan sebelum operasi disebut kemoterapi neoadjuvant dan setelah operasi dikenal sebagai kemoterapi adjuvan.

• Dalam kasus kanker metastasis yang telah menyebar ke bagian lain dari tubuh dan kambuh jika kanker kembali setelah perawatan.

Kemoterapi diberikan untuk periode waktu tertentu. Itu diberikan dalam siklus dan biasanya berlangsung selama 6 bulan atau satu tahun. Ada berbagai cara untuk memberikan metode perawatan ini. Beberapa di antaranya adalah Intravena, oral, disuntikkan, topikal dll.

2. Pembedahan


Ini adalah operasi untuk mengangkat tumor dari tubuh. Ini adalah salah satu bentuk perawatan yang paling sering digunakan dan tertua. Itu juga dapat digunakan untuk tujuan yang berbeda seperti mendiagnosis kanker, lokasi kanker dan sejauh mana ia telah menyebar. Dapat digunakan sendiri atau bersama dengan teknik lain seperti kemoterapi dan terapi radiasi.

Dalam beberapa kasus, seorang ahli bedah tidak dapat mengangkat seluruh tumor karena dapat menyebabkan kerusakan pada tubuh. Dalam kasus ini, debulking dilakukan. Karena sebagian besar tumor diangkat dari tubuh dan sisa tumor diangkat dengan bantuan metode lain.

3. Terapi Radiasi


Sel-sel kanker dihancurkan dengan bantuan sinar x energi tinggi dan partikel lainnya. Tujuan utama dari perawatan ini adalah untuk memperlambat pertumbuhan sel kanker dan membunuh mereka tanpa merusak jaringan sehat di sekitarnya. Lebih dari setengah orang yang menderita kanker menerima terapi radiasi setidaknya sekali.

Ada dua cara untuk menyediakannya. Salah satunya adalah dengan radiasi sinar eksternal di mana radiasi dikirim dari luar mesin. Itu juga bisa merawat area tubuh yang luas. Metode lain adalah terapi radiasi internal.


Diberdayakan oleh Blogger.