Header Ads

Ad Home

Kapan Perlunya Onkologi Medis untuk Mengobati Kanker?



Cabang kedokteran yang menangani manajemen kanker dikenal sebagai onkologi. Spesialis yang merawat pasien dikenal sebagai ahli onkologi. Penting untuk mengingat tiga komponen utama yang menjadi penting dalam meningkatkan peluang bertahan hidup pada pasien. Tiga komponen disebutkan di bawah ini:

• Pencegahan  

pencegahan mengidentifikasi faktor-faktor risiko seperti tembakau dan alkohol dan bekerja dalam mengurangi asupannya.

• Diagnosis

diagnosis dilakukan dengan skrining kanker dengan bantuan tes dan pementasan.

• Perawatan 

 pengobatan diberikan dengan melihat sejauh mana kanker dan bagian-bagian tubuh yang terkena.


Tidak ada penyebab pasti dari penyakit ini yang membuatnya bahkan lebih kuat tetapi ada beberapa faktor risiko.

Menjauhkan diri dari faktor-faktor ini dapat mengurangi kemungkinan tubuh Anda terkena penyakit ini. Beberapa faktor risiko umum adalah :

• Tembakau dianggap sebagai penyebab utama kematian yang disebabkan oleh kanker. Lebih dari 20 persen kematian terkait dengan kondisi ini disebabkan oleh tembakau.

• Pilihan gaya hidup seperti merokok dan alkohol meningkatkan risiko.

• Kanker menonjol pada orang tua. Ini karena sebagian besar kanker membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk berkembang. Mereka mungkin hadir dalam tubuh sejak lama tetapi hanya bisa diidentifikasi pada tahap selanjutnya ketika mereka telah berkembang sepenuhnya.

• Ada beberapa zat penyebab kanker di lingkungan. Mereka hadir di udara maupun air. Sulit bagi kita untuk menghindarinya. Beberapa contoh termasuk Arsenik, asbes, benzena, kadmium dll.

• Obesitas - ini berhubungan langsung dengan kanker payudara, usus besar, rektum, endometrium, kerongkongan, ginjal, pankreas dll.

Ada berbagai cara untuk mengobati penyakit ini. Ini termasuk terapi radiasi, pembedahan serta onkologi medis. Onkologi medis berarti ketika perawatan dilakukan dengan bantuan kemoterapi, imunoterapi atau terapi yang ditargetkan.

• Kemoterapi


Ia menggunakan obat-obatan untuk membunuh sel yang terkena. Satu atau kombinasi obat yang berbeda diberikan untuk menjaga sel kanker dari tumbuh dan membelah dan menghentikan mereka dari membuat sel baru. Obat-obatan ini sangat kuat dan berpotensi membunuh sel-sel normal di sekitarnya. Ini dapat digunakan dengan berbagai cara. Jika digunakan untuk mengecilkan tumor sebelum operasi, maka itu dikenal sebagai kemoterapi neoadjuvant. Ini juga dapat digunakan sebagai satu-satunya pengobatan pada penyakit seperti leukemia dan limfoma. Obat-obatan yang diberikan diberikan sesuai dengan jenis kanker yang dirawat dan lokasi penyebarannya.

• Terapi Bertarget


Ini juga bekerja dengan memberikan obat-obatan tetapi berbeda dari kemoterapi karena gen dan protein spesifik ditargetkan untuk menghentikan pertumbuhan dan penyebaran kanker. Metode-metode ini sering digunakan dengan kemoterapi dan pilihan lain. Obat yang diberikan memiliki kemampuan memblokir sinyal yang memberikan informasi sel tumor untuk tumbuh dan membelah. Ini dilakukan dengan bantuan dua jenis. Dalam antibodi monoklonal, obat-obatan memblokir target yang tepat yang terpengaruh di dalam dan sekitar kanker. Dengan obat molekul kecil, proses yang membantu sel kanker berkembang biak dan menyebar terhambat. Terapi ini biasa digunakan pada kanker payudara, kolorektal dan paru-paru.

• Imunoterapi


Dalam Imunoterapi, sistem kekebalan alami tubuh ditingkatkan untuk melawan kanker. Zat yang digunakan dalam pertempuran dibuat oleh tubuh atau disiapkan khusus di laboratorium. Mereka bekerja dengan menghentikan pertumbuhan sel-sel yang terkena dan membantu sistem kekebalan bekerja lebih baik dalam menghancurkan sel-sel kanker. Dalam terapi Virus Oncolytic, virus yang dimodifikasi secara genetik digunakan untuk membunuh sel kanker. Virus disuntikkan ke dalam tumor. Ini menyalin dirinya sendiri yang menyebabkan sel-sel meledak dan mati. Lalu ada terapi sel T. Dalam metode ini, sel T dikeluarkan dari darah dan diubah di laboratorium. Mereka masuk kembali ke tubuh dan menghancurkan sel-sel kanker.



Diberdayakan oleh Blogger.