Header Ads

Ad Home

Anda Sering Sakit Leher Saat Bangun Tidur, Cobalah Tips Ini

Anda Sering Sakit Leher Saat Bangun Tidur, Cobalah Tips Ini
SatuOpini - Salah satu manfaat tidur adalah untuk menjaga kesehatan kita, mengistirahatkan organ tubuh agar kembali memaksimalkan fungsinya. Untuk mendapatkan manfaat tidur, anda harus memperhatikan apa-apa yang anda lakukan sebelum tidur, mulai dari tempat tidur, posisi tidur dll. Apakah anda pernah mengalami sakit leher setelah bangun tidur. Saya dan anda mungkin salahsatu yang mengalaminya. Terkadang kita menyalahkan posisi tidur. Padahal sebenarnya bukan hanya karena salah posisi tidur, namun ada banyak faktor yang jadi penyebabnya. Seorang Ahli kesehatan mengatakan, kunci untuk menghindari sakit leher adalah menjaga leher Anda senetral mungkin saat tidur di malam hari. Lalu Bagaimana caranya?
  1. Sebaiknya kita memahami anatomi tubuh terlebih dulu. Tulang belakang kita terdiri dari tiga bagian, lumbal, thorax atau dada, dan serviks atau leher. Bagian serviks adalah di bagian atas yang diketahui sebagai leher. Sendi di antara tulang leher memberi Anda kemampuan untuk mengubah kepala dan leher. Ketika Anda tidur, berat kepala Anda dapat berada dalam posisi aneh yang mengganggu sendi ini, kata Mike Reinold, PT, CSCS, terapis dan spesialis peningkatan kinerja fisik yang berbasis di Boston. Jika sendi Anda terganggu, maka akan ada kemungkinan inflamasi (peradangan) dan kejang pada otot pelindung yang berusaha untuk mencegah gerakan daerah itu, kata Bill Hartman, PT, CSCS, penasihat kedokteran olahraga Menshealth seperti dilansir dari sumber yang sama, Kamis (1/10/2015). 
  2. Untuk mencegahnya, Anda bisa menghindari posisi tidur di mana kepala Anda menekuk berlebihan maju, mundur, ke samping, atau berubah dalam satu arah, katanya. Jika Anda tidur telungkup, leher akan pindah ke sisi secara otomatis, sehingga ini bisa menjelaskan sakit leher yang Anda rasakan.
  3. Solusi terbaik adalah dengan tidur telentang, dengan bantal mendukung kepala dan leher, tetapi tidak mendorongnya terlalu ke depan, kata Hartman. Jika Anda tidak bisa tidur telentang, karena kebiasaan mendengkur atau sleep apnea, Anda bisa tidur dengan posisi menyamping, tapi pastikan agar leher tidak tertekuk. Jika sakit leher sudah terlanjut terjadi, tahan keinginan untuk meregangkannya. Hal ini penting diketahui karena menarik otot justru kontraproduktif, dan akan menyebabkan sakit bertambah parah, kata Reinold. 
  4. Mandi dengan air hangat dan menggerakkan leher Anda dengan perlahan bisa mengurangi kesakitan.

Diberdayakan oleh Blogger.